Twitter Follow Me

“This is just a random piece of text which can be replaced by a welcome message.

Wellcome

Selamat datang di blog kami,,kritik dan saran sangat berarti bagi kami!!!

Rabu, 01 Juli 2009

Robot Siap Bertarung di Ajang RoboCup 2009

Published by Yayat laiha at 20.08

VIENNA - Hajatan kompetisi robot paling akbar, RoboCup 2009 mulai berlangsung di Austrian city of Graz. Kompetisi ini diikuti oleh lebih dari 400 tim dan 2.000 kreasi robot.

Beraneka ragam robot tercipta dengan bermacam-macam bentuk, mulai dari yang bertangan dua hingga yang memiliki empat kaki. Ada pula yang dilengkapi dengan roda atau layar virtual pada tubuhnya.

Semua robot ini akan bertanding dalam kompetisi melempar bola, menari, dan lain-lain. Nampaknya kreasi robot dalam kompetisi tahun ini lebih diarahkan untuk bisa melakukan gerakan-gerakan olahraga dan penyelamatan. Demikian keterangan yang dikutip dari AFP, Kamis (2/7/2009).

Kompetisi besar yang akan berlangsung hingga 5 Juli ini diadakan pertamakalinya pada 1997 di Nagoya, Jepang. Selanjutnya acara ini pun pernah diadakan di Stockholm, Melbourne, dan Suzhou, China. Untuk tahun ini, kompetisi diselenggrakan oleh Graz University of Technology.

Uniknya, karena ini adalah kompetisi robot, maka pengguntingan pita sebagai tanda dimulainya kompetisi ini pun dilakukan oleh robot.

Ketua penyelenggara RoboCup 2009, Manuela Veloso mengatakan kompetisi ini bukan sekadar hiburan, melainkan juga sebagai acara proyek sains.

"Semua robot yang hadir di kompetisi ini memang sangat menghibur, tapi kompetisi ini juga sekaligus menjadi acara penting dalam dunia sains," kata Veloso.

Veloso juga menambahkan, selain kompetisi robot, acara ini juga dihadiri oleh para ahli dan teknisi elektronik handal sebagai bagian dari sesi RoboCup symposium.

Di antara semua partisipan, Iran adalah negara yang paling banyak mengerahkan tim robotiknya, yakni sebanyak 50 orang. Disusul Jerman dan Jepang di urutan kedua dan ketiga. okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar


kritik..dan saran sangat kami harapkan!!!!!!